nav

       HOME    BINUS EVENT   HOW TO   KBP   THOUGHTS

About



Tuesday, June 2, 2015

Laporan Community Service Bimbel - 4

Nama: Helena Natanael
NIM: 1801380333
Hari/Tanggal: Kamis, 28 Mei 2015, Shift 2 (13.05 - 13.50)
Lokasi: SD Negeri Panunggangan 11, Jl. Kyai Maja, Kota Tangerang 15143.



Pada shift ini, kami masih membimbing murid-murid dalam mengerjakan soal hingga pukul 13.15, lalu mulai membahas 10 soal yang diberikan secara bergantian. Kami memberikan cara-cara cepat yang masih logis untuk membantu murid mengerjakan soal-soal matematika. Lalu kami memberikan hadiah berupa botol minum kepada 3 murid yang tercepat mengumpulkan jawaban, dengan syarat harus menuliskan cara dan jawabannya benar. 3 murid tersebut adalah Kareem, Syifa, dan Alvin.
Setelah itu kami membagikan snack astor untuk seluruh murid di kelas, sekaligus untuk perpisahan. Murid-murid menanyakan kapan kami kembali, mereka berkata ingin diajar kami lagi setelah mereka Ujian Akhir Semester. Kami hanya dapat berkata kami belum tahu kapan akan bertemu mereka lagi. Mereka terlihat cukup kehilangan dan mereka bertanya terus menerus kapan bisa bertemu kami lagi. Setelah berbagi snack astor, kami kembali membereskan kelas dan bersih-bersih.

Setelah itu kami berpamitan dengan Pak Wanta serta meminta berfoto dengan Pak Wanta untuk dokumentasi. Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih banyak atas bantuannya dan mendoakan yang terbaik untuk kemajuan SD Negeri Panunggangan 11. Selesailah kegiatan Community Service kami selama 4 shift.



Kesan yang didapat setelah melakukan Kegiatan Community Service Bimbel:

-Daerah mewah Alam Sutera ternyata berdampingan dengan daerah kumuh. Hal ini memprihatinkan karena terdapat kesenjangan sosial pada satu wilayah yang sama. Kita harus membantu agar kehidupan masyarakat di daerah kumuh juga sejahtera.

-Jangan berpikiran negatif. Awalnya saya merasa tidak bisa mengajar anak-anak SD dan cukup kuatir bertemu mereka dan ditolak oleh mereka, ternyata sekarang saya malah sedih harus berpisah dengan mereka, karena mereka sudah dekat dengan saya dan menerima saya sebagai salah satu mentor mereka.

-Salah seorang anggota kelompok kami bercerita bahwa seorang murid yang ia lupa namanya bertanya kepada dia, "kak, kalian berlima itu sahabat ya?" Hal tersebut sungguh menyentuh hati saya. Saya tidak menyangka kedekatan antar anggota kelompok ini dirasakan juga oleh murid-murid. Mereka melihat keakraban kami dan kerjasama kami, Saya memang merasa nyaman bersama teman-teman saya di kelompok CB ini. Saya harap dengan mereka melihat keakraban kami, mereka mendapat contoh bagaimana berkoordinasi dengan teman-teman sebayanya dengan baik.

-Niat belajar murid-murid ini sangat tinggi, padahal waktu belajar sudah selesai namun mereka bilang "ah jamnya telat 15 menit itu kak, ayo kita lanjut belajar" padahal jam di kelas menunjukkan waktu yang tepat. Lalu mereka juga sudah belajar untuk semakin berani bertanya kepada kami jika ada yang mereka tidak mengerti. Saya harap mereka juga akan semakin berani bertanya kepada semua guru dan mentor, tidak hanya kepada kami.

-Jika semester mendatang saya mendapatkan kelas Character Building lagi dan terdapat pilihan bimbel, saya tertarik untuk kembali mengajar di SD Negeri Panunggangan 11 ini.

No comments:

Post a Comment