nav

       HOME    BINUS EVENT   HOW TO   KBP   THOUGHTS

About



Tuesday, June 2, 2015

Laporan Community Service Bimbel - 1

Nama: Helena Natanael
NIM: 1801380333
Hari/Tanggal: Selasa, 26 Mei 2015, Shift 1 (10.45 - 11.20)
Lokasi: SD Negeri Panunggangan 11, Jl. Kyai Maja, Kota Tangerang 15143.



Pada semester lalu, saya dan teman-teman ditugaskan untuk menjadi duta kebersihan. Hal tersebut cukup mudah sehingga ketika semester ini dosen saya menyarankan kelas kami untuk mengadakan Bimbel, saya ragu untuk menjalankannya. Meski untuk Character Building pada semester ini tidak diwajibkan untuk community servicenya dan boleh memilih sendiri, namun dosen kami menganjurkan kami untuk tetap melakukan kegiatan community service dan melakukan bimbel karena lebih berdampak kepada masyarakat dibanding duta kebersihan.

Saya dan kelompok saya melakukan survei tempat pada minggu sebelumnya, setelah berkeliling Alam Sutera dan sekitarnya, kami memilih untuk mengadakan bimbel di SD Negeri Panunggangan 11, sekitar 1 km di luar Alam Sutera, tepatnya di Jl. Kyai Maja. Kami segera mengurus surat pengantar yang dibutuhkan oleh sekolah untuk mengadakan bimbel di sekolah tersebut. Ibu kepala sekolah menerima kami dengan sangat ramah dan sangat kooperatif, tidak menyulitkan kegiatan kami sama sekali. Untuk kegiatan mengajar kami, kami dibimbing oleh Pak Wanta, salah satu perwakilan guru dari SD Negeri Panunggangan 11. Kami dan pihak sekolah bersepakat bahwa kegiatan bimbel akan berlangsung selama 2x, masing-masing 2 shift pelajaran (1 shift pelajaran di SD tersebut adalah 35 menit). Awalnya kami ingin mengadakan selama 4 kali, namun hal tersebut cukup mengalami masalah karena bentrok dengan jadwal kelas kami dan jadwal Ujian Akhir Semester di SD tersebut.



Pada hari Selasa, 26 Mei 2015, kami datang ke SD pukul 10.00 untuk briefing dengan Pak Wanta. Pak Wanta menawarkan kami mengajar pelajaran matematika, IPA, atau bahasa Inggris, dan kami sekelompok memilih matematika. Kami harusnya mengajar setelah murid pulang sekolah, namun kebetulan ada guru yang berhalangan hadir sehingga pada pukul 10.45, kami masuk ke kelas untuk mengisi jam kosong tersebut. Kami masuk kelas dengan agak canggung dan memperkenalkan diri. Awalnya kelas juga masih agak diam dan masih "jaga image" terhadap kami. Namun setelah kami memberikan beberapa catatan berkaitan dengan Bangun Ruang (sifat-sifat bangun ruang), murid-murid di kelas mulai terbuka terhadap kami dan bercanda dengan kami. Pada shift ini kami mengajarkan sifat-sifat bangun ruang dan rumus volumenya (tabung, kubus, kerucut, limas).




No comments:

Post a Comment